080210cliginaLucu! Aneh! Itu yang Saya pikir ketika melihat ti TV, final ligina tidak ada penonton… lah kok bisa yah?  Sepakbola tanpa penonton apa asyiknya?

Nggak Asyik!  Lihat di gambar ini?  Polisi malah menjaga ketat gerbang Stadion Jalak Harupat Bandung, penonton tidak boleh memasuki stadion karena khawatir akan terjadi tawuran antar suporter. Hehe…

Walhasil, ketika kemenangan diraih kesebelasan Sriwijaya, perayaan kemenangan rasanya hambar.  Seperti sayur kurang garam.  Coba, apa rasanya para pemain itu memenangkan juara, wong tidak ada penonton kok yang ikut merayakan dan emosi stadion tidak ada sama sekali.  Itulah perayaan kemenangan paling hambar mungkin.

Makanya, kalau jadi suporter jangan suka galak dan lepas kontrol.  Jadilah suporter yang sportif! Kalau yang didukung kalah, yah kasih selamat dong sama lawannya.  Itu namanya suportif dan ksatria! Lebih jantan!

Tapi sulit juga ya, jangankan di indonesia, di inggris aja suporternya juga gila.  Padahal jelas-jelas mereka itu negara asalnya sepakbola.  Sampai-sampai karena gilanya suporter inggris, kesebelasan liverpool dilarang tampil di luar negeri.  Inilah akibatnya kalau suporter kebablasan!