Hari ini Saya menerima katalog dari kartu kredit BCA dan di dalamnya ada artikel mengenai penipuan.  Sebuah pemberitahuan bahwa BCA tidak pernah melakukan hal-hal berikut :

  • Menelepon calon pemegang kartu kredit BCA untuk mengembalikan Kartu Kredit berikut PIN yang sudah diterima dengan mengirimkan kurir BCA untuk mengambil kartu kredit tersebut.
  • Telepon dari pihak tertentu yang mengatasnamakan travel agent tertentu (menyebutkan bahwa mereka bekerjasama dengan BCA) dan menawarkan paket membership dengan hadiah voucher wisata atau hotel melalui kartu kredit BCA.  Mereka akan datang dengan membawa mesin kartu kredit untuk menggesek kartu kredit BCA Anda!

Wow!

Dengan dipajangnya berita ini, berarti telah ada korban yang jatuh dan masuk perangkap sang penipu.

Jadi ingat, sekitar tahun 2004-an Saya pernah mendapatkan telepon yang serupa.  Mereka memperkenalkan diri sebagai travel agent dan mendapatkan data saya dari kartu kredit Bank A.  Mereka bilang bahwa Saya mendapatkan voucher wisata berupa tiket pesawat, menginap di hotel di kawasan Anyer, Banten beberapa hari (tepatnya Saya sudah lupa).  Dan mereka bilang lagi, jika oke maka kurir kami akan datang menemui ibu untuk menggesek kartu kredit.

Tentu saja Saya tolak waktu itu, tapi mereka sampai menghubungi Saya berkali-kali.  Pantang menyerah. Karena tidak pernah Saya OK-kan, mungkin mereka nyerah juga, akhirnya telepon itu berhenti sendiri.

Jadi, bentuk penipuan nya nantinya seperti apa, Saya kurang tahu, karena Saya tidak menerima tawaran mereka.  Tapi karena BCA sudah mengatakan berhati-hatilah karena ini merupakan penipuan, ada baiknya juga untuk ekstra hati-hati.

Anehnya, mereka dapat data kita dari mana ya? Kok bisa langsung telepon HP? dan tahu kalau kita punya kartu kredit? Aneh…

Tapi link ini mungkin bisa menjelaskan : http://www.mediakonsumen.com/Artikel1789.html

http://www.mail-archive.com/milis-sedap@news.gramedia-majalah.com/msg00610.html

 

