Wah! Pos Kota hari ini (2/11/2008) membuat headline yang bagus sekali.  Bayangkan, ternyata bisnis kuburan laris manis, bahkan seharga Rp 2M pun diserbu warga Jakarta.

Fasilitas? Suasananya seperti lokasi wisata dengan etnik budaya asia dan panorama alam, tidak sekedar nisan semata, tapi juga ada air terjun buatan, bukit, gunung. 

Baru 4 tahun dipasarkan, kavling kelas menengah atas di Taman Lestari, Karawang atau dikenal juga denga nama San Diego Hills hanya menyisakan 1 kavling dari 13 kavling yang dipasarkan!  Kavling Super Family berukuran 16x4m seharga 700 juta (hanya tanah) itu semuanya sudah dipesan oleh para pengusaha Jakarta.  Umumnya mereka peruntukkan untuk makam keluarga.  Lahan seluas itu nantinya akan diisi oleh 32 orang.

Untuk tipe Royal Family ukuran 32x48m harganya mencapai Rp 2M!

Pengembang pemakaman San Diego Hills bahkan menyediakan tiga fasilitas helipad di kawasan estat pemakamannya untuk kebutuhan pendaratan bagi peziarah yang menggunakan helikopter. Tidak heran, bagi orang yang datang ke pemakaman itu serasa pergi piknik saja karena suasananya yang memang menciptakan suasana rileks dan lanskapnya yang bernuansa rekreasi.

San Diego Hills paling menonjol terlihat sebagai kawasan rekreasi. Tepat di tengah-tengah kawasan pemakaman itu ada danau buatan seluas delapan hektare. Air danau itu berasal dari sudetan Sungai Citarum yang memang mengalir ke arah Kota Karawang. Pengelola San Diego Hills akan memanfaatkan danau itu sebagai sarana rekreasi bagi para pengunjung pemakaman. Akan disiapkan pula perahu-perahu dayung berikut pemandunya.

Dengan tampilan pemakaman seperti itu, tak pelak banyak masyarakat tertarik untuk dikuburkan di sana apabila saatnya telah tiba. Menurut Andi Kurniawan Alie, General Manager Operation San Diego Hills, tercatat orang-orang besar seperti Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, desainer Iwan Tirta, raja sinetron Raam Punjabi, artis Rima Melati, mantan Gubernur DKI Soerjadi Soedirdja, hingga mantan Menteri Pemberdayaan BUMN Tanri Abeng telah memesan dan membeli lahan pemakaman di sana

Nah, untuk harga yang selangit seperti ini… siapa yang mau ikut pesan?

Advertisements