Cerita 1

Saya ingin berbagi info dengan Bpk dan Ibu di JNI. Tentang kemasukan tamu tak diundang ke rumah kami.
Senin sore, tgl 29 Nov 2010 sekitar jam 03.00 PM. Saat si mbak dirumah bersih2 didalam rumah, terdenganr pintu depan diketuk2, seperti ada tamu. Pintu depan dalam keadaan tertutup tapi tidak dikunci karena selesai menyapu di teras. Dan dilanjut ngepel mulai dari dalam rumah. Beberapa detik setelah terdengar ketukan pintu, belum sempat si mbak keluar melihat, tau tau seseorg pria sudah berdiri didalam rumah ditengah ruang makan. Dari penampilannya, memakai pakaian lengkap dengan atribut PLN tertera ID card tergantung di dada kiri. Sebelumnya saat si mbak nyapu diteras, dia melihat orang tersebut keluar dari halaman rumah tetangga,  Dan motornya diparkir di depan rumah tetangga sebelah rumah. jadi.. saat si tamu di tanya si mbak dari mana? sedikit percaya si mbak mendengar penjelasan si tamu adalah “Petugas PLN” yg sedang memeriksa rumah rumah dan mencatat segala yang rusak (???). Walau si mbak berusaha menyuruh si tamu keluar rumah, tapi sitamu tetap tidak mau beranjak, sambil melihat sekeliling ruangan. Saat si tamu melihat Box MCB yg tertempel didinding depan kamar, si Tamu membuka dan mencatat sesuatu info dari si mbak. Trus si tamu langsung naek tangga menuju ke lantai atas. Dan si mbak lagi2 berusaha menghalanginya, tapi begitu setengah jalan si tamu melihat ada Box MCB lagi diujung tangga, maka dia menjelaskan ke simbak dia harus buka box tsb. Dan si mbak tak berdaya. Dilantai atas, setelah memeriksa box, dia berusaha masuk kekamar2 katanya mau ngecek AC, si mbak lebih cepat, dengan menutup pintu semua kamar. Dan sitamu tak kalah, dia pun mengetuk2 pintu kamar anak saya yg lagi tidur.  Dan anak saya terbangun, dan si tamu memberikan kertas utk di isi, setelah dilihat, anak saya tidak mengerti, dikembalikan tanpa diisi dan sitamu turun, dan keluar.
Ada beberapa barang yg hilang, saya tak berani menuduh karena tak ada bukti. Tapi barang tsb, biasanya ditarok dimeja ruang tengah lantai atas.

Cek KWH rumah pelanggan

Cerita 2

dirumah saya, pada hari senin sekitar jam 3 sore juga kedatangan tamu tersebut…..si mbak di rumah cerita kalau tiba2 saja orang tersebut berada di teras rumah kami, karena kebetulan sore

itu pagar dalam keadaan tidak terkunci….jadi begitu orang tersebut mengetuk pintu dan dibuka sama si mbak, tiba2 saja orang tersebut memaksa masuk dengan alasan mau memeriksa pembagian listrik dirumah kami….orang tersebut mengenakan jaket hitam dan menggunakan motor..memang pada saat itu dia juga menujukan kartu yang diakui sebagai petugas PLN…..

Pada saat itu mbak saya sudah bilang tidak boleh masuk, tapi dia sambil menyebutkan nama saya, nama ibu saya…bahkan tau kalau ibu saya juga sedang pergi haji….(dan hal ini juga yang bikin mbak saya yang lumayan baru ini agak sedikit percaya)

Untung saja pada saat itu mbak yang satunya dengar karena sedang mengganti baju anak saya….kebetulan mbak yang ini memang yang sudah lebih lama di rumah jadi sudah tau persis cerita2 yang terjadi di komplek…akhirnya si mbak bilang kalau mau lihat listrik lihat saja di gardu yang di depan..tapi orangtersebut memaksa dan sudah melangkahkan kakinya sampai ke ruang tengah, tapi langsung sama si mbak diteriakin disuruh keluar akhirnya orangtersebut keluar dengan mengucapkan “salam ya buat ibu dan mbak Nilla”.

 

Kedua cerita diatas adalah kejadian sesungguhnya yang dialami oleh tetangga kami di jakarta timur.  Beberapa hari kemudian saya mendapat kabar bahwa hal yang sama juga terjadi di daerah jakarta selatan. seperti yang dicantumkan di twitter berikut http://twitter.com/AhyudinACT

 

AhyudinACT

Modus kejahatan atas nama petugas PLN di Ciputat : 2 org boncengan mtr,pk atribut PLN,operasi hari jumat saat Pria lg ibadah Jumat.waspadlah

AhyudinACT

 

Modus kejahatan atas namakan petugas PLN membawa form ceklist dg kop surat PT. PLN Persero Distribusi Jakarta Raya Tangerang! Waspadalah!

2:51 PM Dec 4th

 

Tampaknya oknum petugas PLN ini sudah membuka cabang dimana-mana, semoga kita lebih berhati-hati lagi.

Beritahukan kepada orang rumah bahwa petugas PLN walaupun menggunakan ID Card lengkap, tidak boleh masuk rumah, jika ngotot minta masuk bilang “saya akan teriak maliiiing”