Tags

, ,

TEMPO.CO, Jakarta-Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa wanita ternyata lebih bermoral ketimbang pria. Wanita yang berusia di atas 30 tahun adalah yang paling jujur.

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Roger Steare ini mendasarkan kesimpulannya pada sebuah ‘Moral DNA test’ yang melibatkan 60 ribu partisipan dari 200 negara. Mereka diminta untuk menjawab sebuah tes guna menguji tingkat moral mereka.

Tes ini diciptakan oleh Profesor Steare empat tahun lalu dan melibatkan partisipan yang menjawab pertanyaan mengenai pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka, berdasarkan jawaban atas apa yang orang lain pikirkan tentang mereka.
Sebuah contoh pertanyaan yang diajukan adalah : “Orang yang mengenal saya dengan

baik mengenai kehidupan pribadi saya akan menjelaskan saya sebagai … ‘penurut, beretika, peduli, sopan, simpatik – dengan pilihan respon sebagai berikut : ‘sama sekali tidak’; ‘sedikit’; ‘kadang-kadang’ dan ‘sangat’.

Tujuan dari kuisioner ini adalah untuk mengukur moral seseorang berdasarkan kejujuran dan kompetensinya. Bagian akhir dari tes tersebut mengkategorikan partisipan dalam satu dari enam tipe kepribadian yaitu, filsuf, bidadari, guru, pelaksana, hakim dan penjaga.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wanita lebih cenderung membuat keputusan berdasarkan ‘bagaimana dampak sesuatu terhadap orang lain’ – di pekerjaan maupun kehidupan pribadi – ketimbang pria.

Mengomentari hasil tersebut, Profesor Steare seperti diungkapkan kepada Huffington Post edisi 16 April 2012 mengatakan, “Kami menilai karakteristik seperti jender, usia, kebangsaan, pendidikan, pekerjaan, agama dan politik. Anda akan melihat bagaimana skor terhadap rata-rata manusia dalam tiga skala yang diukur, bagaimana kita lebih memilih untuk melakukan sesuatu yang benar, baik dalam pekerjaan maupun pada kehidupan pribadi.”

“Anda akan melihat bagaimana Anda membandingkan dengan orang lain dalam 10 nilai moral termasuk cinta, kejujuran, dan kebijaksanaan yang pada kesimpulannya akan menunjukkan siapa Anda, apakah seorang filsuf, hakim, bidadari, guru, pelaksana atau penjaga,” sambung Profesor Steare.

Mengenai pengaruh usia dalam penelitian tersebut, kepada Daily Mail, Profesor Steare mengatakan, “Yang ditunjukkan dalam riset ini adalah ketika berkenaan dengan pekerjaan, pria harus bersikap dewasa, menempatkan ego mereka di satu sisi dan menunjukkan kerendahan hati dan rasa iba- kualitas yang terlalu sering digunakan dalam kehidupan pribadi mereka tetapi ditempatkan di sisi lain ketika mereka harus bekerja.”

Sumber :
RT @temponewsroom: Hidup – Wanita Lebih Jujur Ketimbang Pria http://t.co/BiiWw4Xs

Komen :
Mustinya ada penelitian lanjutan efek hidup jujur apa? 🙂

Advertisements